-->

searchbox



Senin, 24 Desember 2012

Dahsyatnya Kenikmatan Surga


Syurga alangkah indahnya nama itu. Alangkah ingin kita bisa memasukinya. Alangkah dahsyat pesonanya. Sungguh setiap orang beriman mendambakan kehidupan di syurga. Sebuah tempat yang dipenuhi lautan-lautan kebahagiaan yang tiada bertepi. Tempat pembalasan amal buat orang-orang yang mengabdikan hidupnya untuk beribadah kepa Allah semata. Negeri yang membuat para pengabdi terosebsi untuk bisa mereguk air kebahagiaan didalamnya.


Sungguh surga begitu menariknya. Banyak orang yang mendambakan menjadi salah satu penghuninya. Surga adalah tempat dimana kita melepaskan penat-penat ujian dunia. Syurga tempat bagi hamba pilihan yang telah mewaqafkan hidupnya dijalan ketaatan. Siapapun kita tak penah ragu sedikitpun akan fenomena  kemegahan hidup di Surga. 

 Akhir hidup kita nanti hanya dua. Surga atau neraka. Itu adalah sebuah kemestian yang tak ada proses negoisasi dan kompromi lagi. Keluasan syurga dan istana penghuninya tidak akan memberikan rasa kasih buat orang-orang tersisih yang tak mau menjadi hamba yang shalih. Kengerian dan panasnya siksa neraka tak akan menimpa orang-orang yang jalankan peritah Tuhannya serta komitmen menjauhi laranganNya. Begitulah akhir kehidupan kita sangat ditentukan oleh keseriusan kita menyanandungkan nyanyian ketaataan selama di dunia ini.

Ini adalah surga. Sebuah hadists shalih menyebutkan sabda Rasulullah SAW. Jika kalian meminta surga kepada Allah, maka pintalah kepadaNya surga firdaus. Sesungguhnya ia adalah surga yang paling tinggi. Surga yang berada di tengah, darinya terpancar air sungai surga dan diatasnya terdapat Arasy Ar Rahman.

Jika ingin menjadi ahl firdaus. Dengarkan bagaimana sifat-sifat penghuni surga Firdaus pada surah Al Mu’minuun.
  1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
  2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
  3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
  4.   dan orang-orang yang menunaikan zakat,
  5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
  6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki.  Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
  7.   Barangsiapa mencari yang di balik itu. Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.
  8. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
  9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
  10. mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi,
  11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.
Kita semua berhak mendapatkan keistimewaan surga tertinggi ini. Semoga ikhtiar kita untuk memiliki ciri-ciri penghuni surga Firdaus diatas dapat menjadi jaminan kita untuk memasukinya. Menjadi bagiannya. Merengkuh kelezatan kenikmatan yang Allah janjikan didalamnya. 

Penggambaran surga yang difirmankan Allah dan disabdakan Nabi SAW, memang hampir tak mampu kita gambarkan dengan otak dan imajinasi kita yang terbatas ini. Betapa sulit membayangkan kenikmatan yang demikian besar. Sungguh kemampuan imajinasi kita akan terbentur pada keterbatasannya.

Kita coba ungkapkan dalam angan hadits Qudsi yang menceritakan tentang gambaran surga berikut ini:

أعددت لعبادي الصالحين ما لا عين رأت ولا أذن سمعت ولا خطر على قلب بشر ذخرا بله ما أطلعتم عليه ) . ثم قرأ { فلا تعلم نفس ما أخفي لهم من قرة أعين جزاء بما كانوا يعملون }
“Kami sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh sesuatu yang tak pernah terlihat oleh mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tak pernah terlintas oleh hati manusia. Kalau kalian mau, bacalah ‘Maka seorang pun tak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (As-sajdah: 17)’.” (HR. Bukhari)

Kenikmatan-kenikmatan di Surga
"Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam ni'mat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (As Sajdah : 17).
Di antara kenikmatan di surga yang Allah dan Rasul-Nya telah perkenalkan pada kita  adalah :
  •  Merasakan nikmatnya sungai susu, arak, dan madu, sebagaimana Allah Ta'ala berfirman yang artinya," (Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring." (Muhammad : 15).
  • Mendapatkan isteri yang masih belia dan berumur sebaya, sebagaimana firman Allah yang artinya, ”Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya." (An Naba' : 31-33).
  • Hidup kekal dengan nikmat lahir dan batin, sebagaimana Rasulullah shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya, "Siapa yang masuk surga selalu merasa nikmat, tidak pernah susah, pakaiannya tidak pernah cacat, dan kepemudaannya tidak pernah sirna." (HR. Muslim).
  •  Diberi umur muda, sebagaimana Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya, "Ahli surga, berbadan indah tanpa bulu, matanya indah bercelak, umurnya 30 atau 33 tahun." (Shohihul Jaami').
  • Memandang wajah Allah yang mulia, sebagaimana diriwayatkan dari Shuhaib, bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika surga telah dimasuki oleh para penghuninya, ada yang menyeru : 'Wahai penduduk surga, sesungguhnya Alloh mempunyai suatu janji untuk kalian yang janji tersebut berada di sisi Allah, di mana Dia ingin menuaikannya.' Mereka berkata : 'Apakah itu? Bukankah Dia telah memberatkan timbangan-timbangan kami, memasukkan kami ke surga, dan menyelamatkan kami dari neraka?' Beliau melanjutkan : 'Maka Allah menyingkapkan hijabnya (tabirnya), sehingga mereka melihat-Nya (wajah Allah). Demi Allah, Allah belum pernah memberikan sesuatu pun yang lebih mereka cintai dan menyejukkan pandangan mereka daripada melihat-Nya." (HR. Muslim).
Masih banyak sekali ayat dan hadits lainnya yang menerangkan tentang sifat-sifat surga, kenikmatannya, kesenangannya, kebahagiannya, dan keelokannya. Semoga Allah menjadikan kita sebagai penghuninya.

Tidak ada komentar: