-->

searchbox



Sabtu, 20 Agustus 2011

Inspirasi dari Native Deen

Melihat nasyider Indonesia tampail menyanyikan syair-syair nasyidnya itu mah biasa.Tapi melihat penampilan dari nasyider berwajah afro America,ini adalah sesuatu yang langka.Ini merupakan sesuatu yang special yang bisa menjadi kado terindah buat kaum muslimin kota Pontianak yang akan merayakan dirgahayu R1 ke 66. Subhanallah,Allah berikan kesempatan untuk pertama kalinya melihat dan menyaksikan konser Native-Deen tanggal 16 Agustus kemaren di Auditorium UNTAN.

Untuk pertama kalinya juga aku menyaksikan penampilan konser musik hiphop islami secara langsung.Amazing,itu kata yang pas untuk mengapreasi penampilan mereka yang luar biasa. Walaupun baru mengenal mereka beberapa hari ini.Walaupun lagu-lagu mereka kebanyakan tidak dimengerti artinya.

Walaupun mereka berasal dari Amerika,negeri minoritas muslim yang banyak dimusuhi dunia.Walaupun mereka berkulit hitam (hehe..yang nulis juga hitam tapi adalah sedikit unsure putihnya) dan walaupun2 yang lainnya tentang mereka.Satu yang pasti mereka telah membangkitkan semangat baru pada diri ini untuk semakin cinta kepada agama ini. Penasaran dengan siapa meraka,sepulangnya dari konser,aku langsung surfing di internet mencari tahu tentang profile mereka.

Native Deen Merupakan merupakan grup hip-hop Islami dari Washington DC. Seperti halnya musik hip-hop sebagian besar lagu-lagunya hanya diiringi oleh instrumen perkusi dan sejenis gamelan (xylophone). Liriknya-liriknya banyak berbicara tentang nilai-nilai Islam (tauhid, haji, sabar, tawakkal) dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal. Dengan menggunakan musik hip-hop yang mudah didengar serta menggunakan bahasa Inggris, grup nasyid ini sangat populer mulai dari negara asalnya Amerika Serikat sampai Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah. Grup nasyid ini sempat mengadakan konser di jalur Gaza, Palestina.Tidak cukup dengan mencari profile mereka,aku pun mendownload video klipnya.Kalau sebelumnya boleh dikatakan tidak mengerti sama sekali dengan apa yang mereka nyanyikan.Hnya menikmati cara mereka menyanyi,alunan music-musik yang mengiringi dan tentunya penampilan mereka yang powerfull dalam bernyanyi.Setelah menyaksikan video klip mereka dan mencari beberapa lirik lagunya,barulah aku sedikit paham…..paham…..dan tentunya menjadi lebih paham bahwa bahasa inggris itu penting dipelajari dan dikuasai (hehe…ni serius).

Kenapa Anda memilih hip-hop? Kami suka music ini.Selain itu anggapan di Amerika islam dipandang negative dan hip-hop juga jelek.Ketika digabungkan .akan menjadi sesuatu yang luar biasa.Kami berusaha untuk mengubah citra itu,kata Joshua Salam,Vokalis Native Deen saat sesi dialog dengan….dengan…?

Yang jelas Bukan dengan saya Dialognya? Tapi dengan wartawan Pontianak post saat mereka mengunjungi kantor Pontianak post.

Berikut salah satu kutipan lagu mereka

Not Afraid to Stay Alone

I am not afraid to stand alone.

I am not afraid to stand alone. If Allah is by my side

I am not afraid to stand alone. Everything will be alright

I am not afraid to stand alone. Gonna keep my head up high

Tahu kan artinya???? Kalau g tahu tanya aja ke mbah Google.Tapi bertanya pada mbah google biasanya artinya tidak sesuai dengan harapan.Ada saja terjemahan nyeleneh dari beliau.Makanya kudu harus bisa bahasa inggris jadi g musti bertanya ke mbah google atau mbah-mbah lainnya (stttt…nyindir diri sendiri).

Ok lah buat kamu yang kurang paham atau tidak paham sama sekali artinya.Sini tak jelasin.

Langsung intinya aj!

“jangan pernah merasa takut berdiri/bertahan sendirian.Lagu ini mengajarkan kepada kita untuk istiqomah dan percaya diri dengan pilihan yang kita yakini.Kenapa harus takut? Padahal Allah selalu bersama kita.Kenapa harus takut karena segala sesuatunya akan baik-berjalan baik-baik saja sesuai dengan garis Takdir yang Allah tentukan.Kenapa harus takut bertahan sendiri?,Jagalah semangat dan mimpi mu setinggi-tingginya…..dan teruslah menggapainya…..karena hidup akan terus berjalan…kehidupan tidak pernah menoleransi kemalasanmu.

Semoga mimpi dan harapan tertinggi kita adalah menjadi bagian dari penghuni syurga…amin….dan kita selalu bersemangat mengejar mimpi itu dengan memperbanyak ketaatan dan meminimalkan amalan kehidupan yang sia-sia.

Sahabat pelajaran penting yang bisa kita dapatkan dari Native Deen

1. Sampaikan kebaikan dengan cara yang kreatif melalui berbagai media yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Dalam hal ini mereka menyebarkan syiar islam melalui music hip hok yang identik dengan sesuatu yang negative,tapi mereka balik citra itu menjadikan music hip-hop sebagai media menyampaikan kebaikan

2. Bangga dengan pilihan kita hari ini,jangan takut berbeda dengan orang lain,selama perbedaanitu tidak menyalahi syariat.

3. Sebarkan kebaikan bumi Allah manapun dengan cara yang kau sanggupi.Mereka rela melakukan perjalanan yang jauh dari negerinya untuk berbagi inspirasi dan menyemangati orang lain.

4. Pertahankan keunikan kita.Mereka unik karena berdakwah dengan menggunakan media music hip-hop yang dibumbui dengan lirik-lirik islami.Yakinlah setiap kita memiliki sisi keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lain.Jadikan keunikan itu sebagai media terbaik yang membuat kita lebih dikenal dan dihargai orang lain.

5. Sebarkan salam persaudaraan dimana saja,yakinilah bahwa persaudaraan terbesar adalah persaudaraan yang diikat dengan pertalian akidah.Kita memang berbeda suku,warna kulit,karakter dan kepribadian tapi semua perbedaan itu menyatu dalam pintalan ukhuwah aqidah yang sangat kuat mengakar.Sesungguhnya Allah menciptkan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal satu sama lainnya.Hal dasar yang membedakan kita dengan lainnya dihadapan Allah adalah ketakwaan.

Sahabat,Senantiasa perbaharuilah kualitas persaudaraan dan ketakwaan kita.Semoga Allah mudahkan langkah-langkah usaha kita untuk mewujudkannya.

Tidak ada komentar: