-->

searchbox



Sabtu, 16 Februari 2013

Kau yang Kucinte, Qur'an


Dibolak balek kok tambah ngasyek
Maken Dibace semaken menarek
Coba diresapi kok tambah ngasyek
Sampai-sampai mate takmaok melirek
.......................................................
(JV, Rumos Canggeh)

           Alamak jang, sedap nye lirik nasyid dari snade diatas. Spektakuler sekali ngingatin kite yang mulai sering nak temalas bace Qur'an. Padahal Al Qur’an adalah bacaan terdahsyat di dunie. Wajar Al Qur’an dijadikan sebagai mukjizat tebesak Rasulullah. Bile hati gundah gulane make bacalah Qur’an. Niscaye gundah gulananye hilang. Ketika masalah serase menghimpet jiwe bukaklah jiwe itu dengan membaca Al Qur’an.

 Sehebat apapun sebuah bukuk tak akan pernah bise menyamaik kehebatan Al Qur’an. Buku-buku best seller kite palingan tertarek membacenye sekali duwak kali atau mungkin maksimal 3 kali. Setelah itu kite akan bosan. Begitu jugak dengan film terbagos kite hanye senang menontonnye saat pertame kali. Abes itu dapat dipastikan kite uudah tadak tertarek agek untok menonton keduwak kalinye. Lagu-lagu lawa (bace hit) juga terasa enak didengarkan saat pertame kalinye. Setelah lamak kite akan jemu untok mendengarkannye agek. Ceramah sehebat apepon juga terase hanye menarek saat petame kali kite mendengarkannye.

            Begitulah, sisi menarik apepon dari musik, bacaan, ceramah, lelucon semuanya terasa menarek saat petame kali kite mendengar, menyaksikan dan mmbacenya. Setelah itu mulai ade rase bosan . Tapi hal berbeda didapati pada Al Qur’an. Kita tadak akan pernah bosan membaca dan mendengarkan Al Qur’an. Kalau koran yang telah dibace hari ini esoknya sudah dianggap koran bekas. Tapi Al Qur’an dibace betaon-taonpon tadak  ade yang berani bilang bacaan bekas. Al Qur’an punye begitu banyak keistimewaan. Pesone Qur’an tak akan tertandingi oleh apapon.

            Saat kite bace Qur’an dan berusahe mendalami maknenya make kita akan mendapati seolah Qur’an selalu memberikan ilmu bakhu untok kite. Ape jak ade dalam Qur’an. Kate JV Gineak”


Rumos tentang kehidopan, rumus tentang pekhadaban

Rumus tentang kemanusiaan, rumus tentang keimanan
Rumus tentang PERNIKAHAN, rumus tentang kebahagiaan
Rumus tentang keadelan, rumus tentang kebenaran
Semuanye ade di dalam Al-Qur'an 

Semaken kite mmbace dan mendalamek maknenya semaken kite tau bahwe Al Qur’an adalah harte teramat mahal yang kita punye. Mari jage harta “kite” ni, carenye ngan banyak-banyak mmbace, mmahami kandungannye dan mengamalkannye.

                        Tiade hari tanpe mmbace Qu’ran
Tiade hari tanpa memahami maknanye
Tiade hari tanpe mengamalkannye

  • Ya Allah.. ingatkanlah hamba jika ada ayat yang hamba lupa mengingatnya. Ajarkan kepada hamba, ayat yang hamba bodoh memahaminya. Karuniakan kepada hamba kenikmatan membacanya, sepanjang malam dan siang.  . Jadikanlah Al-Quran hujjah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) ya Rabbal ‘Alamin.

Pontianak, 16 Februari 2013 (Saat Ruhiyah Telepe-lepe)

Tidak ada komentar: