-->

searchbox



Senin, 24 Desember 2012

Meski Terlambat, Kita Mesti Berbuat


Jangan jadi manusia yang suka larut dalam kekesalan. Sesungguhnya rasa menyesal saja tidak akan memperbaharui keadaan. Waktu yang telah berlalu tak akan pernah kembali. Begitu juga dengan semua kejadiaannya. Semuanya akan menjadi sejarah yang jadi kenangan. Meski kita pernah khilaf melakukan sebuah kesalahan. Atau kesalahan itu dilakukan dengan sadar.  Semuanya tetaplah kejadian masa lalu yang tak harus diratapi dengan tangisan berkepanjangan. Selama kita masih bernafas, selama itu pulalah kita harus bangkit dari keterpurukan. Kita juga tak harus iri dengan keberhasilan yang  telah diraih orang lain. Semuanya punya jalur kesuskesan sendiri. 

Daripada waktu kita dihabiskan untuk meratapi kegagalan, alangkah lebih baik jika waktu itu dimanfaatkan untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Kegagalan memang menyakitkan, tapi sekali lagi meratapinya berlebihan tak akan pernah mengubah keadaan. Setiap kita punya waktu dan momentum tersendiri untuk berubah.  Setiap kita punya pengetahuan tersendiri untuk mengubah keadaan. Setiap kita punya tanggungjawab untuk berubah menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Karena perubahan adalah sebuah kemestian, bahkan kita diam seperti patungpun sebenarnya juga telah melewati perubahan waktu yang senantiasa terjadi setiap harinya.

Meski terlambat kita harus berbuat. Karena sejatinya tiadak ada waktu terlambat untuk berubah. Kita harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kehidupan ini adalah perubahan. Jangan jadi orang penyakitan yang tiada punya keinginan untuk menyembuhkan sakitnya. Sesungguhnya mayat hidup adalah makhluk berjasad utuh tapi tak punya ruh merubah dirinya. Sesungguhnya manusia yang paling tidak diharapkan didunia ini adalah orang yang selalu sibuk dengan masalahnya. Setiap hari hanya memikirkan ujian kehidupan yang sedang dihadapainya. Bukannya sibuk mencari jalan keluar dari permasalahannya tapi malah sibuk meratapi nasibnya yang seakan-akan tak pernah keluar dari jeratan permasalahan. Ketahuilah masalah tak akan pernah selesai hanya dengan diratapi. Masalah hanya pergi karena keinginan serius untuk berubah. 

Tidak pernah terlalu terlambat untuk berubah.
Selalu ada waktu untuk memulai.
Tidak pernah terlambat untuk mengatakan aku menyesal
Selalu ada waktu untuk memulai lagi.
Tidak pernah terlambat untuk membiarkan masa lalu pergi
Selalu ada waktu untuk memulai masa depan.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk menjadi bahagia
Selalu ada waktu untuk berhenti menjadi sedih.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk jatuh sangat cinta,
Selalu ada waktu untuk membuka kembali hati seseorang.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk menuliskan pikiran Anda
Selalu ada waktu untuk berbicara sepotong Anda.
Tidak pernah terlambat untuk menemukan apa yang Anda sudah memimpikan
Selalu ada waktu untuk belajar melakukan sesuatu yang baru.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk terhubung dengan satu Anda tinggalkan
Selalu ada waktu untuk hilang dan untuk mendapatkan ditemukan.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk mencoba lagi ketika Anda gagal sebelum
Selalu ada waktu untuk tumbuh dan belajar dari kesalahan.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk berharap tidak peduli berapa umurmu
Selalu ada waktu untuk bersenang-senang bodoh seperti anak kecil.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk memiliki lebih banyak dari yang Anda butuhkan
Selalu ada waktu untuk membuat hidup Anda lebih sederhana.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk hidup dengan cara Anda ingin hidup
Selalu ada waktu untuk menemukan diri sendiri jika Anda melihat.
Tidak pernah terlambat untuk berhenti merasa menyesal tua
Selalu ada waktu untuk harapan untuk masa depan.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk menemukan kebahagiaan
Selalu ada waktu untuk tertawa lebih banyak.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk mengampuni
Selalu ada waktu untuk diampuni.
Tidak pernah terlalu terlambat untuk berubah.
Selalu ada waktu untuk memulai.
Tidak pernah terlambat
Selalu ada waktu.


            Semua akan indah pada waktunya. Masa lalu yang kita lewati punya hikmah kehidupan sendiri. Mengapa kita harus sedih dengan keadaan kita sekarang? Mengapa kita masih tetap mengeluh akan hidup kita? Mengapa kita selalu menjustifikasi bahwa kita salah dalam melangkah? Kalau semua itu akan indah jika tepat pada waktunya.Tiada kata terlamabat untuk berubah. Selalu ada waktu untuk berubah. Walau kehidupan yang telah kita lalui tak seindah dalam bayangan banyak orang. Walau kita mendapati telah banyak teman atau kenalan kita yang menjemput kehidupan sukses janga pernah berputus asa. Selalu ada waktu untukmu berubah menjadi lebih baik dari kondisi sekarang. Semuanya punya jalur kesuksesan sendiri. Semua akan indah pada waktunya. Nikmati pergantian waktu itu dengan komitmen berubah yang menggelora. Karena gelora yang membara akan semakin mencairkan bekunya semangat berubah pada diri kita.Semangat berubah menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: